Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).
2. JEMBATAN ANCOL - Jakarta Utara
Jembatan ancol yang dulunya merupakan jembatan goyang ini berada di jakarta utara.Si manis jembatan ancol dipercayai adalah arwah dari Maryam atau Siti Ariah.Menurut cerita yang berkembang di daerah itu,mariyam adalah seorang gadis kembang desa yang diperkosa lalu kemudian dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai yang ada dibawah jembatan ancol tersebut.Semenjak itu seringkali terjadi penampakan seorang wanita cantik di tengah-tengah malam.
Pernah ada seorang pemilik kios di daerah tersebut pada tengah malam,melihat gadis yang lewat di depan kiosnya.kemudian dia keluar dan melihat gadis tersebut,kira-kira 50 meter dari tempatnya,gadis tadi berhenti lalu menatapnya tersenyum dan kemudian menghilang.Diyakini gadis tersebut adalah si manis jembatan ancol.Selain itu,ada juga cerita mengenai penampakan si manis ini di depan hotel horison ancol.Konon sering ada wanita cantik yang melintas didepan hotel ini dan ketika akan dilihat secara seksama,wanita itu menghilang entah kemana.Dan kabarnya management hotel membuat kamar khusus untuk "si manis" ini.
Dengan semakin banyaknya cerita mistis mengenai keberadaan si manis jembatan ancol.Sehingga akhirnya kisah ini di angkat menjadi sinetron berjudul si manis jembatan ancol.Film yang dibintangi oleh Diah Permatasari ini dirilis pada tahun 1993.
3. GERBONG KERRETA API MANGGARAI - MANGGARAI
Satu gerbong kereta jurusan Bogor-Jakarta Kota di peron tiga stasiun Manggarai, Jumat, 2 Desember 2011 sekitar pukul 6.30 pagi mengeluarkan asap. Para penumpang sempat panik dan berlarian. Gerbong yang terbakar adalah gerbong terakhir yang bertuliskan Kereta Khusus Wanita.
"Diduga karena short sircuit (korsleting) listrik di trafonya. Tetapi penyebab pastinya masih diselidiki di Balai Yasa," kata Purnomo R. Y. , Kepala PT KAI Daerah Operasional I, di stasiun Manggarai.
Saat ini, gerbong yang terbakar sudah dibawa ke Dipo Bukit Duri. "Hanya satu gerbong yang masuk Dipo, tetapi gerbong lainnya masih difungsikan," kata dia.
Purnomo mengatakan terbakarnya satu gerbong itu tidak mengganggu perjalanan kereta selanjutnya. Ketujuh gerbong kereta lainnya masih dijalankan sekitar pukul 07.00 pagi.
"Diduga karena short sircuit (korsleting) listrik di trafonya. Tetapi penyebab pastinya masih diselidiki di Balai Yasa," kata Purnomo R. Y. , Kepala PT KAI Daerah Operasional I, di stasiun Manggarai.
Saat ini, gerbong yang terbakar sudah dibawa ke Dipo Bukit Duri. "Hanya satu gerbong yang masuk Dipo, tetapi gerbong lainnya masih difungsikan," kata dia.
Purnomo mengatakan terbakarnya satu gerbong itu tidak mengganggu perjalanan kereta selanjutnya. Ketujuh gerbong kereta lainnya masih dijalankan sekitar pukul 07.00 pagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar